Home / Artikel Herpes / Penyakit kulit dan obatnya

Penyakit kulit dan obatnya

Penyakit kulit dan obatnya – Kondisi kulit kronis biasanya tidak dapat disembuhkan, namun bisa ditangani dengan menggunakan obat dan dengan memperhatikan gaya hidup Anda. Pelajari lebih lanjut tentang gejala, perawatan, dan cara untuk merasa lebih baik.

  • Eksim
    Eksim adalah istilah untuk sekelompok kondisi medis yang menyebabkan kulit menjadi meradang atau tersinggung.
  • Psorias
    Psoriasis adalah kelainan kulit yang umum yang menghasilkan plak merah tebal yang ditutupi sisik keperakan.
  • Jerawat
    Meskipun jerawat sebagian besar merupakan kutukan masa remaja, sekitar 20% dari semua kasus terjadi pada orang dewasa.
  • Rosacea
    Rosacea adalah kelainan umum yang terutama menyerang kulit di wajah. Hal itu menyebabkan kemerahan pada hidung, dagu, pipi, dan dahi.

Mengapa saya memiliki luka di kepala saya?

Sakit di kepala atau kulit kepala Anda bisa terasa sakit dan mungkin memalukan. Jika Anda tidak ahli dalam mengambil kembali kehebohan, mereka juga sulit dilihat.

Penyakit kulit dan obatnya

Dermatitis di kulit kepala Apa penyebab benjolan ini dan benjolan yang bisa membuat hal-hal seperti menyikat rambut Anda terasa sakit? Bisa berupa apapun dari infeksi lokal kecil sampai tanda-tanda kondisi kesehatan yang bisa mempengaruhi seluruh tubuh Anda.

Sebagian besar tidak serius. Sebaiknya Anda menemui dokter jika mengganggu Anda. Hal ini terutama terjadi jika:

  • Luka kepala Anda bertahan lebih dari beberapa hari atau tidak akan sembuh.
  • Anda memiliki banyak luka atau mereka terus datang kembali.
  • Anda telah memperhatikan adanya perubahan bentuk, ukuran, atau warna benjolan atau benjolan di kulit kepala Anda.

Hubungi Dermatitis

Dermatitis kontak terjadi saat kulit Anda bereaksi buruk terhadap sesuatu yang menyentuhnya. Anda bisa mendapatkannya di kulit kepala dari shampo atau produk rambut lainnya. Atau Anda bisa mendapatkannya dari daun ek beracun yang menempel di kepala Anda. Ini menyebabkan bercak merah, gatal, kulit bersisik. Bila sudah parah, itu juga bisa menyebabkan berkerak, oozing sores.

Jika Anda menjauh dari hal yang memicu ruam, itu harus pergi dalam 2 sampai 4 minggu. Jadi jika gejala dimulai tepat setelah Anda mencoba produk rambut baru, beralihlah ke merek yang berbeda untuk melihat apakah itu membantu. Dokter Anda juga bisa melakukan tes kulit untuk mengetahui apa penyebabnya.

  • Kista
  • Ini benjolan halus dan kuat dapat berkembang di folikel rambut Anda. Folikel menyandang setiap rambut ke kulit kepala Anda. Kista tumbuh perlahan dan biasanya tidak sakit, tapi terkadang bisa membengkak dan nyeri dan bisa mengeluarkan cairan kental dengan bau busuk.
  • Kista tidak berbahaya dan biasanya hilang sendiri. Tapi jika kista di kulit kepala Anda mengganggu Anda, temui dokter Anda. Dia mungkin bisa mengobatinya dengan suntikan steroid untuk memudahkan peradangan, tiriskan, atau lepaskan.
  • Folikulitis
  • Jika bakteri, virus, atau jamur masuk ke dalam folikel rambut, Anda bisa terkena infeksi semacam ini. Mungkin terlihat dan terasa seperti jerawat, benjolan merah yang menyakitkan dengan atau tanpa kepala putih. Luka ini bisa juga berkerak dan gatal.
  • Sakit biasanya hilang tanpa pengobatan. Tapi jagalah agar area bersih dan gunakan kompres hangat untuk membuatnya terasa lebih baik. Jika berlangsung lebih dari beberapa hari, temui dokter Anda. Anda mungkin memerlukan krim antibiotik atau perawatan lainnya, tergantung pada apa yang menyebabkannya.
  • Kutu rambut
  • Bug kecil ini biasanya tidak menyebabkan luka pada kepala. Tapi mereka bisa membuat kulit kepala Anda sangat gatal. Dan goresan bisa menyebabkan luka yang menyakitkan dan bahkan menular. Jika Anda memiliki kutu, Anda mungkin memperhatikan telur mereka (seukuran pinhead) yang terpasang dengan kuat pada batang rambut. Anda juga bisa melihat serangga, yang seukuran biji wijen.
  • Shampo over-the-counter khusus mungkin cukup untuk menyingkirkannya. Bicaralah dengan dokter Anda tentang perawatan lain jika shampo tidak melakukan triknya.
  • Kulit kepala kurap
  • Kurap bukan cacing nyata. Ini adalah infeksi umum yang disebabkan oleh jamur. Kurap menggunakan nama yang berbeda tergantung pada letaknya di tubuh Anda. Ini dikenal sebagai gatal jok dan kaki atlet. Saat itu di kepala Anda, itu disebut tinea capitis. Ini menyebabkan bercak kulit gatal dan rambut rontok yang mungkin akan semakin memburuk seiring berjalannya waktu. Anda juga bisa merasakan sakit yang menyakitkan dan nanah yang disebut kerion di kulit kepala Anda.
  • Kulit kurap kepala kulit kepala paling sering terjadi pada anak-anak. Tapi itu juga bisa mempengaruhi orang dewasa. Pengobatan terbaik biasanya resep obat yang Anda minum melalui mulut. Kunyit krim dan bubuk tidak cenderung bekerja pada kulit kepala.
  • Psoriasis kulit kepala
  • Kondisi ini bisa menyebabkan bercak merah, kulit keriput di kulit kepala Anda. Karena sering gatal, menggaruk bisa menyebabkan perdarahan dan kudis. Psoriasis mempengaruhi seluruh tubuh Anda. Jadi sepertinya juga muncul di daerah selain kulit kepala Anda seperti siku dan lutut.

Untuk mengobati psoriasis kulit kepala, bekerjalah dengan dokter Anda. Shampo khusus dengan tar batubara atau asam salisilat dapat membantu mengendalikannya. Tapi Anda juga mungkin memerlukan obat-obatan, terapi cahaya, atau perawatan lainnya.

Dermatitis seboroik

Anda mungkin tahu tentang bentuk paling ringan dari jenis eksim – ketombe ini. Tapi itu juga bisa menyebabkan bercak bersisik dan gatal di kulit kepala Anda yang bisa ooze dan scab over. Gejala cenderung datang dan pergi dan mungkin lebih buruk di musim dingin.

Tidak ada obat untuk itu. Tapi beberapa hal seperti shampo, obat-obatan, dan krim khusus bisa membantu gejala-gejalanya.

Penyebab lainnya

Mereka tidak biasa, tapi banyak kondisi lain yang bisa menyebabkan luka pada kepala dan kulit kepala. Mereka termasuk jerawat, virus seperti cacar air, dan sekelompok penyakit autoimun langka yang disebut pemfigus, yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyerang sel sehat.

Anda bisa mengurangi flare-up dengan belajar mengenali hal-hal yang membuat psoriasis Anda memburuk. Ikuti tip berikut untuk membantu menjaga kondisi kulit Anda terkendali.

Menekankan

Ini adalah salah satu pemicu yang paling umum, kata dokter kulit Colby Evans, MD, ketua dewan direktur National Psoriasis Foundation.

Stres menempatkan tubuh Anda dalam mode pelindung. Ini mengirimkan bahan kimia yang menyebabkan peradangan dan menyebabkan suar.

Apa yang bisa Anda lakukan: Cobalah olahraga, yoga, atau pijat, saran Evans, atau hobi yang Anda nikmati. Mereka bisa meredakan stres Anda. Jadi bisa teknik seperti relaksasi otot progresif, fokus pernapasan, dan meditasi mindfulness.

Anda bisa berbicara dengan seorang terapis atau penasihat manajemen stres untuk mendapatkan lebih banyak gagasan.

Perubahan Cuaca

“Bila cuaca lebih dingin dan kering, psoriasis cenderung berkobar,” kata Evans. Kebanyakan orang menemukan kulit mereka lebih baik di musim panas dan lebih buruk di musim dingin. Itu mungkin karena kurangnya sinar matahari di musim dingin, kata Mark Lebwohl, MD, ketua dermatologi di Mount Sinai Hospital.

Apa yang bisa Anda lakukan: Gunakan pelembab, saran Lebwohl. Pelembab humidifier dingin di kamar tidur Anda juga bisa membantu. Banyak pusat perawatan psoriasis juga memiliki unit fototerapi. Atau Anda bisa mendapatkannya untuk rumah Anda. Mereka meniru sinar matahari dan bisa membantu meringankan gejala Anda. Bicaralah dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah itu pengobatan yang tepat untuk Anda.

Obat-obatan

Beberapa obat bisa memicu flare, seperti yang biasa mengobati tekanan darah tinggi, gangguan bipolar, dan kondisi lainnya.

Apa yang bisa kamu lakukan “Penting untuk memberi tahu dokter yang memberi resep obat untuk Anda tahu bahwa Anda menderita psoriasis,” kata Evans.

Terkadang dokter Anda mungkin bisa meresepkan obat lain yang tidak menyebabkan flare-up. Atau dia mungkin bisa menurunkan dosis obat Anda.

Potongan dan memar

Jika kulit Anda dipotong atau terluka, Anda bisa mendapatkan suar di daerah itu. Dokter Anda mungkin menyebutnya “fenomena Koebner.”

Apa yang bisa kamu lakukan Potong aktivitas yang bisa membuat gesekan atau menyebabkan Anda terluka, kata Lebwohl. Jika Anda mengalami cedera kulit dan perhatikan kilau mulai di area itu, obati dengan segera.

Infeksi

Beberapa infeksi, seperti radang tenggorokan, bisa memicu psoriasis. Sakit telinga, bronkitis, atau infeksi saluran pernapasan juga bisa disalahkan. Orang yang memiliki tonsilitis yang terus kembali juga tampaknya memiliki lebih banyak suar, kata Lebwohl.

Apa yang dapat Anda lakukan: Tanyakan kepada dokter Anda apakah Anda harus mempertimbangkan amandel Anda jika Anda memiliki kondisinya. Ini tidak mencegah psoriasis, tapi bisa membantu mengurangi flare. Ini belum terbukti secara ilmiah, dan tidak semua dokter setuju, kata Lebwohl. Diobati untuk radang tenggorokan juga.

Alkohol

Minum itu bisa membuat kondisi kulit Anda memburuk. Ini mungkin juga menjaga perawatan agar tidak berjalan sebagaimana mestinya. Ada hubungan antara pesta minum dan psoriasis, kata Lebwohl, tapi tidak jelas mengapa.

Minum juga bisa membuat sulit untuk mengendalikan psoriasis Anda. Apa yang dapat Anda lakukan: Tanyakan kepada dokter Anda apakah alkohol akan mengganggu perawatan Anda. Jika Anda minum, batasi hingga tidak lebih dari satu gelas sehari jika Anda seorang wanita atau dua minuman sehari jika Anda laki-laki.

Merokok

Hal ini dapat membuat kondisi Anda semakin sulit dikendalikan.

Pengobatan Topikal untuk Psoriasis

  • Patch kering kulit yang Anda dapatkan dengan psoriasis dapat terasa gatal dan tidak nyaman, namun rencana pengobatan yang tepat dapat membantu.
  • Dokter Anda kemungkinan akan menyarankan krim, lotion, busa, semprotan, larutan, dan salep. Ini adalah perawatan topikal – yang berarti Anda memasukkannya langsung ke kulit atau kulit kepala Anda.
  • Sejumlah produk tersedia. Anda bisa mendapatkan beberapa over the counter (OTC) di apotek, tapi untuk yang lain Anda memerlukan resep. Mungkin perlu waktu untuk menemukan yang terbaik bagi Anda.

Memilih Topikal

Pelembab dan lotion yang Anda beli tanpa resep dapat membuat kulit Anda lembab dan membantu mengendalikan flare-up. Secara umum, lotion tebal dan berminyak yang menjebak kelembaban di kulit Anda bekerja paling baik.

Asam salisilat menghilangkan timbangan yang muncul pada bercak psoriasis. Muncul dalam lotion, gel, sabun, dan shampo. Ini sangat membantu bila digunakan dengan perawatan kulit lainnya. Melepaskan serpihan kulit mati memungkinkan obat lain bekerja lebih baik.

Tar batubara dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kulit dan membuat kulit Anda terlihat lebih baik. Itu juga datang dalam berbagai bentuk. Produk yang lebih lemah tersedia OTC. Sampo ini membantu mengobati psoriasis kulit kepala.

Tar batubara tidak berbau harum, dan bisa mengiritasi kulit Anda dan menodai pakaian Anda. Ikuti petunjuk dengan seksama. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia dalam tar batubara bersifat kanker, tapi ini hanya berlaku pada dosis yang sangat tinggi. Aman menggunakan produk ini jika Anda mengikuti instruksi dokter Anda.

Steroid (kortikosteroid) mengurangi bengkak (radang) dan memperlambat pertumbuhan sel kulit sehingga tidak menumpuk. Mereka datang dengan kekuatan yang berbeda. Rumus lemah dapat bekerja untuk area sensitif seperti area wajah, leher, atau lipatan kulit seperti selangkangan atau ketiak. Anda mungkin memerlukan yang lebih kuat untuk tempat yang sulit diobati seperti siku dan lutut Anda.

Anda mungkin akan menerapkan perawatan Anda dua kali sehari. Dokter Anda mungkin menyarankan Anda membungkus daerah itu dengan pita atau plastik setelah Anda mengobatinya. Ini adalah metode yang disebut oklusi. Ini bisa membantu beberapa perawatan bekerja lebih baik, tapi mungkin juga membuat efek samping lebih kuat.

Efek sampingnya meliputi:

  • Penipisan kulit
  • Perubahan warna kulit
  • Memar
  • Tanda peregangan yang lebih terlihat
  • Pastikan Anda mengikuti petunjuk dokter Anda. Terlalu sering menggunakan obat dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Terkadang, steroid bekerja lebih baik bila digunakan bersamaan dengan obat lain.

  • Krim vitamin D, lotion, busa, dan larutan seperti kalsipotrien (Calcitrene, Dovonex, Sorilux) memperlambat pertumbuhan sel kulit Anda. Untuk penggunaan jangka panjang, produk ini mungkin lebih aman untuk Anda daripada steroid, tapi bisa mengiritasi kulit Anda.
  • Dokter Anda mungkin akan menyarankan Anda menggunakan jumlah kecil dua kali sehari. Berhati-hatilah untuk tidak mendapatkannya pada kulit sehat Anda.
  • Beberapa obat ini bisa membuat Anda sakit jika Anda menelannya, sehingga menjauhkan mereka dari anak-anak dan hewan peliharaan. Dan pastikan dokter Anda tahu obat lain yang Anda konsumsi. Beberapa bisa menghentikan produk vitamin D dari bekerja.
  • Dokter Anda mungkin menyarankan Anda menggunakan vitamin D bersamaan dengan steroid. Satu pengobatan adalah kombinasi keduanya. Ini disebut Taclonex (calcipotriene dan betamethasone dipropionate).
  • Retinoid, seperti tazarotene (Tazorac), dapat membantu mempercepat pertumbuhan dan penumpahan sel kulit. Gel atau krim ini mengandung vitamin A dan memiliki kekuatan berbeda.
  • Biasanya, Anda meletakkan olesan kecil pada setiap lesi sekali sehari sebelum tidur.
  • Dokter biasanya menyarankan wanita yang sedang hamil atau yang mungkin hamil tidak menggunakan produk ini.
  • Anthralin memperlambat pertumbuhan sel kulit dan menurunkan peradangan. Tidak ada efek samping yang serius, tapi bisa mengiritasi kulit dan noda pakaian, seprai, dan kulit. Ini sering digunakan dengan obat lain.

Pimekrolimus (Elidel), tacrolimus (Protopic), dan crisaborole (Eucrisa) dapat membantu menghentikan pembengkakan (radang). Dokter Anda mungkin menyebut obat ini sebagai penghambat kalsineurin. Mereka kadang-kadang digunakan untuk mengobati psoriasis saat obat lain tidak bekerja.

Bicaralah dengan dokter Anda sebelum minum obat ini, dan baca peringatan kotak hitam FDA pada labelnya. Mungkin ada hubungan antara obat-obatan dan limfoma (kanker sistem limfatik) dan kanker kulit.

Kapan Mengganti Barangnya?

Perawatan ini bekerja dengan baik untuk banyak orang, tapi ini bukan taruhan yang pasti. Jangan terkejut jika ada sesuatu yang sedang bekerja berhenti – atau jika sesuatu itu tidak pernah terbantu sebelum mulai melakukan sesuatu yang baik. Biarkan dokter Anda tahu apa yang membuat perbedaan dan mana yang tidak. Bersama-sama, Anda bisa memilih produk yang tepat.

Banyak perawatan topikal dapat mengiritasi kulit Anda, jadi dari waktu ke waktu, dokter Anda mungkin menyarankan agar Anda melewati berbagai jenis krim. Anda juga dapat menggunakannya bersama dengan jenis perawatan lainnya, seperti fototerapi atau obat yang Anda minum melalui mulut atau suntikan.

Sebelum Anda mulai menggunakan perawatan topikal, pastikan Anda memahami petunjuk dan efek samping yang dapat mereka timbulkan. Stick dengan rencana perawatan Anda juga. Jika Anda tidak menggunakan obat Anda secara teratur, psoriasis Anda bisa memburuk.

Eksim

Lepuh kecil yang gatal pada telapak tangan dan sepanjang sisi jari Anda bisa menjadi tanda eksim dyshidrotic. Kondisi kulit ini juga bisa membuat lecet muncul di telapak kaki atau di jari kaki. Dokter Anda mungkin menyebutnya dengan nama lain, termasuk dyshidrosis atau eksim di kaki dan tangan.

Lepuh ini akan datang dan pergi dari waktu ke waktu karena tidak ada obatnya. Tapi Anda bisa mengelolanya dengan obat-obatan, pelembab, dan kebersihan yang baik. Mereka mungkin mulai meruncing setelah Anda memasuki usia paruh baya. Dan jika Anda memiliki kasus ringan, akhirnya bisa hilang dengan sendirinya.

Eksim Dyshidrotic kebanyakan menyerang orang dewasa berusia 20 sampai 40 tahun, dan dua kali lebih umum pada wanita seperti pria. Anda lebih mungkin mendapatkannya jika Anda memiliki alergi seperti demam, riwayat keluarga eksim dyshidrotic, atau bentuk eksim lainnya.

Gejala penyakit kutil

Lepuh kecil yang gatal adalah tanda yang paling mencolok. Ini biasanya muncul dalam kelompok, dan Anda mungkin merasa gatal atau merasakan rasa sakit yang membakar sebelum muncul. Kulit di sekitar lecet mungkin berkeringat lebih dari biasanya, dan kuku Anda mungkin menebal dan berubah warna juga.

Lepuh sering hilang dalam 2 sampai 3 minggu. Tapi kulit di bawahnya bisa berwarna merah dan empuk untuk sementara waktu.

Eksim Dyshidrotic bisa ringan atau parah. Jika Anda memiliki kasus parah yang mempengaruhi kaki Anda, lecet bisa membuat sulit untuk berjalan. Lepuhan di tangan Anda bisa membuat sulit melakukan hal-hal seperti memasak, mengetik, atau mencuci piring.

Terkadang lepuh bisa terinfeksi, terutama jika Anda menggaruknya banyak. Tanda-tanda bahwa Anda memiliki infeksi meliputi:

  • Rasa sakit
  • Pembengkakan
  • Pengerasan
  • Pus di lecet

Penyebab

Beberapa hal bisa memicu eksim dyshidrotic, termasuk:

  • Menekankan
  • Kontak dengan logam seperti nikel, kobalt, atau garam kromium pada pekerjaan Anda atau dari hal-hal seperti memakai perhiasan imitasi
  • Tangan dan kaki yang berkeringat atau basah
  • Hangat, cuaca lembab
  • Infeksi HIV
  • Pengobatan tertentu untuk sistem kekebalan tubuh lemah (imunoglobulin)
  • Kondisi ini tidak menular. Anda tidak dapat menangkapnya dari menyentuh seseorang yang memilikinya.

Diagnosa

Jika Anda melihat lecet pada tangan dan kaki Anda, lihat dokter kulit (dokter spesialis yang merawat kulit Anda). Dia akan melihat tangan dan kaki Anda, dan juga kuku Anda.

Anda juga mungkin perlu melihat dokter alergi (ahli alergi). Tes tempel bisa menunjukkan apakah Anda memiliki alergi terhadap nikel atau logam lain. Selama tes ini, dokter Anda akan memasang tambalan dengan sejumlah kecil logam berbeda atau benda lain pada kulit Anda untuk melihat apakah Anda bereaksi terhadapnya.

Pengobatan penyakit kulit

Dokter Anda dapat meresepkan salep atau krim dengan steroid di dalamnya untuk menurunkan pembengkakan dan membantu menyingkirkan lecet. Kulit Anda akan mengambil obat lebih baik jika Anda meletakkan kompres basah di atasnya setelah Anda menggunakan krimnya. Jika Anda mengalami serangan yang parah, Anda mungkin perlu minum obat steroid, seperti prednisone, dalam pil.

Antihistamin seperti diphenhydramine (Benadryl) atau loratadine (Alavert, Claritin) dapat membantu gatal juga. Atau Anda mungkin memegang kompres dingin dan basah pada lecet selama 15 menit setiap kali beberapa kali dalam sehari.

Obat yang digunakan untuk mengobati kondisi kulit termasuk obat topikal dan oral.

Beberapa perawatan topikal yang umum untuk kondisi kulit meliputi:

  • Antibakteri: Obat-obatan ini, termasuk mupirocin atau klindamisin, sering digunakan untuk mengobati atau mencegah infeksi.
  • Anthralin: Obat ini, meski tidak sering digunakan karena bisa menjengkelkan dan bisa menodai, membantu mengurangi peradangan dan bisa membantu mengobati psoriasis.
  • Agen antijamur: Clotrimazol (Lotrimin), ketokonazol (Nizoral), dan terbinafine (Lamisil AT), adalah beberapa contoh obat antijamur topikal umum yang digunakan untuk mengobati kondisi kulit seperti kurap dan kaki atlet.
  • Benzoil peroksida: Krim, gel, pencuci, dan busa mengandung peroksida benzoyl digunakan untuk mengobati jerawat.
  • Tar batubara: Perawatan topikal ini tersedia dengan dan tanpa resep, dengan kekuatan berkisar antara 0,5% sampai 5%. Tar batubara digunakan untuk mengobati kondisi termasuk dermatitis seboroik (biasanya di shampo) atau psoriasis. Saat ini, tar batubara jarang digunakan karena bisa berakting lambat dan bisa menyebabkan pewarnaan pakaian dan tempat tidur yang parah.
  • Kortikosteroid: Ini digunakan untuk mengobati kondisi kulit termasuk eksim. Kortikosteroid datang dalam berbagai bentuk termasuk busa, losion, salep, dan krim.
  • Salep non steroid: Gaharu salep (Eucrisa) digunakan untuk mengobati eksim ringan sampai sedang.
    Retinoid: Obat-obat ini (seperti Retin-A dan Tazorac) adalah gel, busa atau krim yang berasal dari vitamin A dan digunakan untuk mengobati kondisi termasuk jerawat.
  • Asam salisilat: Obat ini dijual dalam lotion, gel, sabun, shampo, cuci, dan tempelan. Asam salisilat adalah bahan aktif dalam banyak produk perawatan kulit untuk perawatan jerawat dan warts.

Beberapa perawatan oral atau injeksi yang umum untuk kondisi kulit meliputi:

  • Antibiotik: Antibiotik oral digunakan untuk mengobati banyak kondisi kulit. Antibiotik umum meliputi dicloxacillin, eritromisin, dan tetrasiklin.
  • Agen antijamur: Obat antijamur oral meliputi flukonazol dan itrakonazol. Obat ini bisa digunakan untuk mengobati infeksi jamur yang lebih parah. Terbinafine adalah obat antijamur oral yang bisa digunakan untuk mengobati infeksi jamur pada kuku.
  • Agen antiviral: Agen antivirus umum meliputi asiklovir (Zovirax), famciclovir (Famvir), dan valacyclovir (Valtrex). Pengobatan antiviral digunakan untuk kondisi kulit termasuk yang terkait dengan herpes dan herpes zoster.
  • Kortikosteroid: Obat-obatan ini, termasuk prednisone, dapat membantu dalam mengobati kondisi kulit yang terkait dengan penyakit autoimun termasuk vaskulitis dan penyakit inflamasi seperti eksim. Ahli dermatologi lebih suka steroid topikal untuk menghindari efek samping; Namun penggunaan prednison jangka pendek terkadang diperlukan.
  • Imunosupresan: Imunosupresan, seperti azatioprin (Imuran) dan metotreksat (Trexall), dapat digunakan untuk mengobati kondisi termasuk kasus psoriasis dan eksim parah.
  • Biologis: Terapi baru ini adalah metode terbaru yang digunakan untuk mengobati psoriasis dan kondisi lainnya. Contoh biologis meliputi adalimumab (Humira), adalimumab-atto (Amjevita), biosimilar untuk Humira, brodalumab (Siliq), etanercept (Enbrel), etanercept-szzs (Erelzi), biosimilar ke Enbrel, infliximab (Remicade), ixekizumab Taltz), secukinumab (Cosentyx), dan ustekinumab (Stelara).
  • Enzim inhibitor: Enzim inhibitor seperti apremilast (Otezla) menutup enzim dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan peradangan. Eucrisa adalah penghambat enzim FDA yang disetujui untuk dermatitis atopik ringan sampai sedang / eksim.
  • Retinoid. Acetretin (Soriatane) secara khusus digunakan untuk mengobati semua jenis psoriasis berat. Ini mengurangi pertumbuhan sel kulit. Ini menyebabkan cacat lahir yang parah dan tidak boleh digunakan jika Anda berencana untuk hamil, sedang hamil atau menyusui.

Sumber : http://obat-herpes.id

About admin

Check Also

Penyakit dap itu apa? Bagaimana cara mengobatinya

Penyakit dap itu apa? Bagaimana cara mengobatinya – Hari ini, saya ingin berbicara dengan Anda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*